Cara Uji Qualitas Air Minum, yang baik untuk Kesehatan, dengan Alat yang Sederhana

Berikut kami sajikan cara pengujian kualitas air dengan cara sederhana yang bisa dilakukan oleh setiap orang, menggunakan alat pengujian yang mudah diperoleh atau dibuat.
1. Electro Analyzer : Merupakan cara pengujian dengan alat elektronik yang bisa disebut sebagai Electrolyzer, yang mampu menguraikan atau melepaskan ikatan-ikatan zat padat terlarut dalam air atau Total dissolved Solid (TDS)
Selain mengetahui tingkat kekeruhan (TDS)setelah 3 menit suhu air produk / merek lain naik cukup tajam, sedangkan air proses Demineralisasi NONMIN Tirta Tamanbali tetap. Warna kekeruhan air untuk tiap-tiap merek bisa berbeda satu dengan yang lain, tergantung kandungan mineral yang ada pada masing-masing produk.
2. TDS-METER DIGITAL : Adalah alat pengujian TDS secara digital, dimana hasilnya telah terukur dalam satuan PPM (Parts Per Million). Semakin besar nilai PPM semakin besar tingkat kekeruhan air. Alat ini sering dipakai standar dalam pengujian terhadap pencemaran air, baik air lingkungan alamiah, maupun air dalam kemasan. 
3. INDUKSI LISTRIK : Alat sederhana untuk mengetahui sifat hantaran/ induksi listrik yang juga menunjukkan kandungan elektron dan logam-logam terlarut lainnya dalam air. Banyak Negara menetapkan standar sebesar maksimum 2 mS/m yang sama artinya dengan tidak menghantarkan listrik.










2 komentar: